Personal Letter, Pengertian dan Contoh

Ditulis oleh: Pelajaran Bahasa Inggris -
Kali ini kita akan membahas mengenai materi Personal Letter Bahasa Inggris yang akan meliputi Pengertian dan Contoh Personal Letter yang terbaru. Meski tidak ada atura mengikat untuk jenis surat pribadi (personal letter) ini tetapi saat kita mempelajari bahasa Inggris maka kita juga harus belajar mengenai surat menyurat seperti ini.

Pertama-tama kita akan membahas mengenai definisi dari jenis surat tersebut, bentuk penulisan dan barulah kemudian akan mengupas lengkap mengenai contohnya sekaligus.

Mengenai materi pelajaran bahasa Inggris ini kadang kala kita bukan hanya harus mempelajari pokok materinya saja. Kadang, di sekolah kita akan diberi tugas tambahan misalnya dengan membuat makalah tentang personal letter.

Ada juga terkadang tugas untuk mempresentasikan materi ini di depan kelas yaitu dengan membuat powerpoint personal letter. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk mempelajari ringkasan materi atau rangkuman materi tentang personal letter tersebut. Agar lebih lengkap maka mari kita baca juga beberapa materi di bawah ini.

1) Personal letter format
2) Personal business letter
3) Contoh personal letter
4) Business letter
5) How to write a personal letter
6) Personal letter to a friend
7) Personal letter template
8) Personal letter example

Beberapa hal di atas juga akan menjadi tambahan informasi untuk bisa kita pelajari. Semakin banyak yang bisa kita gali maka akan semakin paham kita terhadap pokok pembahasan tersebut. Sekarang mari kita langsung ke inti pembahasan dengan dimulai dari definisinya terlebih dahulu.

A. Pengertian Personal Letter

Jika kita berbicara mengenai pengertian personal letter atau definition of personal letter maka dapat kita katakan secara sederhana bahwa personal letter adalah sebuah surat yang dikirim oleh seseorang secara individu kepada orang lain atau pun instansi tertentu.

Intinya adalah surat ini di kirim oleh perorangan dan bukan merupakan surat dari sebuah instansi, organisasi atau perusahaan.

Tujuan dikirimkannya surat tersebut adalah untuk hal-hal yang sifatnya pribadi atau masalah pribadi si pengirim surat. Lalu hal apa saja yang bisa dikirim melalui jenis surat pribadi tersebut? Beberapa hal yang bisa menjadi isi dari personal letter antara lain yaitu:

1) Permintaan maaf (apologies)
2) Ucapan terima kasih (Thank you's)
3) Ucapan selamat (Congratulations)
4) Undangan (Invitations)

Sesuai dengan namanya, personal letter tentu saja berisikan hal-hal personal atau pribadi jadi ini sangat berbeda dengan jenis surat resmi.

Dengan surat pribadi seperti ini tentu saja kita dapat menggunakannya misalnya untuk mengungkapkan perasaan kepada yang dikirimi surat. Sedangkan masalah bahasa yang digunakan pun tidak menggunakan aturan formal atau bahasa formal tetapi bebas sesuai keinginan.

B. Kaidah Penulisan Personal Letter

Di atas telah dijelaskan bahwa "personal letter" tidak harus menggunakan kaidah penulisan baku tetapi menggunakan penulisan sesuai keinginan. Namun begitu tetap saja ada beberapa hal yang bisa kita sesuaikan sebagai acuan dalam membuat surat pribadi yang baik.

Tidak harus mengikuti tata penulisannya namun setidaknya bagian-bagian personal letter tersebut bisa dijadikan acuan dalam penulisan surat yang baik. Supaya lebih jelas mengenai bentuk umum format penulisan dari surat ini mari kita perhatikan layout berikut!
Personal Letter, Pengertian dan Contoh
Bentuk Penulisan Personal Letter yang Umum

Jelas bahwa tidak ada aturan baku dalam membuat surat pribadi dalam bahasa Inggris namun ada baiknya kita menggunakan layout atau bentuk penulisan di atas agar surat kita bisa lebih baik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat tersebut yaitu misalnya alamat, sapaan dan juga penutup. Agar lebih jelas mari kita bahas satu per satu bagian - bagian surat pribadi tersebut!

Penulisan alamat
Meski merupakan surat pribadi tetapi jangan sampai kita lupa untuk menuliskan alamat lengkap kita. Alamat ini gunanya adalah untuk memberikan kesempatan kepada si penerima surat untuk dapat membalas surat yang kita kirim tersebut.

Kalau kita tidak menulis alamat kita bagaimana orang bisa membalas surat kita, benar tidak? Cara penulisan alamatnya bisa sesuai pada tata letak di atas yaitu di bagian kanan atas surat.

Selain itu jangan lupa juga menulis alamat penerimanya, jelas dan lengkap, Personal Letter, Pengertian dan Contoh. Alamat penerima bisa di tulis di bagian kiri atas dengan menuliskan juga nama penerima suratnya. 

Penulisan tanggal
Walaupun ini merupakan surat pribadi namun tetap saja kita sebaiknya mencantumkan tanggal surat untuk informasi kapan surat tersebut telah di buat.

Penulisan tanggal penting sebagai referensi baik bagi pengirim maupun penerima surat. Bentuk penulisan tanggalnya bisa dilihat seperti contohnya yaitu "1st January 2016"

Penulisan salam pembuka
Salam pembuka atau (Salutation & Greeting) sebaiknya juga di tulis dengan baik dan benar. Contoh penulisan salam pembuka surat pribadi tersebut misalnya "Dear Mr Jones,". Beberapa singkatan yang digunakan dalam salam pembuka yaitu:

Mr - untuk laki-laki
Mrs - untuk wanita yang sudah menikah
Miss - untuk wanita yang belum menikah
Ms - untuk wanita yang statusnya tidak diketahui 
Dr - untuk orang yang statusnya dokter

Dalam surat pribadi biasanya salam pembuka akan disesuaikan dengan kedekatan hubungan antara pengirim surat dan penerima surat, misalnya saja dalam bahasa kita sering digunakan kata - kata yang mesra dan romantis.

Bagian akhir personal letter akan di tutup dengan kesimpulan yaitu menggunakan kata-kata "Yours sincerely,". Untuk kalimat penutup tersebut kita juga bisa menggunakan kalimat lain misalnya "All the best", "Best regards," dan sebagainya. Setelah penutup tersebut maka diikuti dengan nama dan tanda tangan kita sebagai pengirim surat.

B. Contoh Personal Letter dan Artinya

Sudah panjang lebar kita bahas mengenai apa dan bagaimana surat pribadi dalam bahasa Inggris tersebut. Tentu saja dengan penjelasan di atas kita sduah mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai salah satu jenis surat bahasa Inggris tersebut.

Dengan begitu kita diharapkan dapat membuat surat pribadi dengan lebih baik lagi dengan memperhatikan berbagai hal di atas.

Apakah kita bisa paham dan mengerti hanya dengan mempelajari materi atau teorinya saja? Ya, bisa saja sih namun akan lebih cepat dan mudah paham jika kita bisa melihat langsung dan mempelajari langsung contoh personal letter bahasa Inggris tersebut.

Dengan melihat langsung contohnya maka kita bukan hanya akan mengetahui bagaimana bentuk penulisan surat tersebut namun kita juga dapat mempelajari berbagai vocabulary atau kosa kata yang digunakan. Maka dari itu mari kita perhatikan contoh berikut!

Jakarta, 1st December 2015

Thomas
Jln. Cendana. No. 16
Sukabumi 54111

Hello my friend, how are you doing, there? I hope you are in good condition. I am sending this letter to give you some good news.

It’s been one year we separated, since you moved to Sukabumi. I miss you so much. I’m really looking forward to meeting with you soon. After waiting for so long, I finally granted permission to visit you in Sukabumi. Maybe next month I will go to your home. When i got there, you have to take me around to the best tourism spot. I really wanted to visit all the beach. See you there buddy.

Your friend,
Caroline

Contoh di atas sedikit berbeda dari format yang kita bahas sebelumnya tapi tentu saja tidak apa-apa karena ini merupakan surat pribadi yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Nah, demikianlah sedikit pembahasan kita kali ini mengenai Personal Letter, Pengertian dan Contoh untuk pelajaran bahasa Inggris.


Jangan lupa baca juga beberapa materi lain yang juga perlu kita pelajari dengan baik. Untuk contoh di atas silahkan terjemahkan menggunakan terjemahan dari google. Jangan lupa juga untuk mempelajari contoh lainnya di bagian bawah. Itu saja, semoga bermanfaat!